Sampah??

Sampah merupakan masalah yang tidak kunjung ada pemecahannya. Kenapa bisa dikatakan demikian? karena sampah tiap hari makin bertambah namun tempat pembuangan sampah tidak bertambah besar sehingga pasti akan meluap sampah tersebut. Masalah sampah ini tidak semata-mata menjadi masalah bagi pemerintah, namun juga menjadi masalah masyarakat. Sampah berupa sampah kering, sampah basah, sampah plastik, sampah yang tidak bisa diurai, dan masih banyak sampah lain bisa menimbulkan bau tidak sedap dan merusak pemandangan. Dari segi kesehatan sampah juga bisa menimbulkan berbagai macam penyakit. Lalat, nyamuk, kecoak, dan berbagai hewan yang membawa virus bisa mendekat dengan adanya tumpukan sampah yang bau dan menjijikkan. Tapi apakah kalian tahu bahwa sampah bisa digunakan untuk keperluan yang lebih berguna?
Pemulung atau orang yang mengumpulkan sampah yang masih bisa digunakan bekerja dengan tidak kenal rasa jijik dan tidak menghiraukan bahwa mereka kerja di sampah. Kita juga harus bersyukur dengan adanya orang-orang seperti mereka, karena dengan adanya mereka sampah bisa di pilah-pilah antara sampah basah, plastik, kertas dan daun. Sehingga proses sampah untuk digunakan selanjutnya bisa lebih mudah.
Sampah bisa dijadikan pupuk organik, seperti pernyataan Kepada Dinas Pasar Kota Yogyakarta, Ahmad Fadli yang mengatakan, pihaknya akan memulai pengolahan sampah organik ini pada tahun 2009. Sementara sampah anorganik akan dikumpulkan untuk bisa didaur ulang atau dijual pada pengepul. "Untuk tahap awal, pengelolaan sampah ini akan diujicobakan di pasar Lempuyangan dan Pasar Giwangan," ujarnya, Jumat (14/11/08).
Wah yogya jadi bersih dong?? Belum tentu, karena kita sendiri tahu kebiasaan kita dalam membuang sampah. Bungkus permen yang kecil saja dibuang sembarangan, apalagi yang lain. Sungguh ironis bangsa ini karena tidak mengerti pentingnya membuang sampah pada tempatnya.
Semoga dengan membaca artikel ini kita semua dapat membuang sampah pada tempatnya dan syulur-syukur bisa mengolahnya menjadi yang lebih bermafaat.








0 comments:

Copyleft © 2009 - catatan - bayu - is proudly powered by Blogger
Article in catatan bayu is pure my article. If you copy my article, I hope write my name of author.